5 Jenis Kertas Yang Sering Digunakan di Bisnis Percetakan



Kertas merupakan bahan tipis yang dihasilkan dari proses pengepresan serat kayu yang berasal dari pulp. Kertas awal kali dikembangkan oleh bangsa China. Dengan temuan kertas ini, sudah merubah kebiasaan orang- orang dalam mendokumentasikan tulisannya yang sudah terbiasa menulis melalui media kain, batu, tulang, dan daun. Di Indonesia sendiri dulu biasa mendokumentasikan melalui daun lontar.

Kertas tidak cuma dijadikan media tulis saja, semacam kertas tisu yang gunanya buat mensterilkan serta juga kertas dapat dijadikan objek seni semacam origami.

Kertas sendiri sudah jadi bagian berarti dalam kehidupan manusia tidak cuma untuk kebutuhan belajar mengajar. Kertas sendiri kerap kita gunakan semacam pada waktu belanja, parkir kendaraan, bayar tagihan, ATM serta masuk jalur tol. Seluruhnya kita terima dalam bentuk Struk Kertas, bukan cuma itu kertas digunakan pula untuk membungkus makanan kita.

Kertas semenjak awal diciptakan untuk mendokumentasikan karya baik tulisan maupun dalam wujud foto. Bersamaan dengan pertumbuhan zaman, kertas sendiri berganti wujud berdasarkan fungsi dokumentasinya. Semacam pada novel teks, novel tulis, majalah, brosur, kartu nama, sertifikat, poster, kop surat serta lainnya. Kesemuanya itu memiki karakteristik khas permukaan kertas yang berbeda- beda bersumber pada fungsinya.

Berikut Jenis - Jenis Kertas Berdasarkan Kegunaannya

1. HVS

Kertas HVS ini sifatnya bertekstur halus, putih, serta tipis. Kertas HVS umumnya memiliki ketebalan mulai dari 60 gsm, 70 gsm, 80 gsm serta 100 gsm. Kertas HVS termasuk kepada kertas yang paling umum digunakan. Terutama perkantoran serta sekolah sering menggunakan jenis kertas ini sebagai Makalah Laporan Kerja, dan Tugas Sekolah lainnya. HVS juga sering digunakan untuk media kertas pembuatan Buku.

Ukuran dari jenis kertas HVS itu sendiri berbeda-beda, misal ukuran kertas F4 adalah memiliki lebar 21,5 cm dan tinggi 33 cm. Kertas HVS A4 memiliki ukuran lebar 21 cm dan tinggi 29,7 cm.

2. Art Paper


Jenis kertas ini memiliki tektur halus, mengkilap, putih, licin. Kertas jenis ini memiliki ketebalan sedikit tipis ialah 120 gsm serta 150 gsm. Kertas ini kerap digunakan untuk pembuatan Brosur, Poster, bagian isi Company Profile, bagian isi Majalah, serta bagian isi Novel yang memerlukan cetak foto lebih detail. Kertas ini memanglah terkesan lebih lux terlebih jika ditambah laminasi efek glossy maupun dov.

3. Book Paper

Sedangkan untuk jenis kertas ini sifatnya bertekstur sedikit kasar dan cenderung halus, warna kekuningan, ringan serta tipis. Ketebalan jenis kertas ini mulai dari 55 gsm, 70, hingga 90 gsm. Kertas ini banyak digunakan khusus untuk buku yang sifat teks saja.

Kertas jenis ini tidak bisa digunakan untuk foto karena kurang menciptakan warna yang tajam. Pasalnya warna kertas ini sendiri cenderung kekuningan. Kertas ini khusus diciptakan agar membuat mata kamu senantiasa aman ketika berlama - lama membaca buku.

4. Karton BW


Kertas ini karakternya memiliki tekstur halus dan putih, dengan ketebalan 240 gsm. Kertas ini sering digunakan buat Sertifikat, Undangan, Kartu Iuran Bulanan, Map, dan sebegainya. Kertas ini cocok untuk ditulis menggunakan balpoint semacam kertas HVS.

5. Art Carton

Kertas ini memiliki tekstur halus, putih, licin, tebal, serta mengkilap. Ketebalan jenis kertas ini mulai 190 gsm, 210 gsm, 230 gsm, 260 gsm, serta 310 gsm. Kertas ini umumnya digunakan buat Kartu nama, Cover Buku, Company Profile, Cover Majalah, Poster, Box Produk, Sertifikat, Undangan dan sebagainya. Buat Cover Buku serta Kartu Nama sendiri sangat sesuai memakai ketebalan kertas 260 gsm.

Sebetulnya masih banyak lagi jenis-jenis kerta ini. Namun untuk yang paling sering digunakan di media percetakan adalah jenis-jenis kertas yang saya sebutkan diatas.